Sejarah Sma N 2 Lahat


SMA Negeri 2 Lahat beralamat di Jln. Jaksa Agung R Suprapto Telp. (0731) 321278 Lahat 31414 kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Kota Lahat. Tahun ajaran 2009-2010 siswa yang mengikuti pendidikan di SMA N 2 berjumlah 1083 siswa mempunyai sejarah yang panjang dalam dunia pendidikan dikota Lahat. SMA Negeri 2 lahat atau yang sering disingkat SMANDALA dibangun pada tahun 1970_an dan diresmikan  pada tanggal 26 November 1975 dengan SK No. 0264/1975/9/26-11-1975. SMA Negeri 2 Lahat oleh KANWIL DEPDIKBUD Tingkat I. Awal diresmikannya SMA negeri 2 Lahat sekolah tersebut bukan bernama SMA Negeri 2 tetapi bernama SMPP 50 yaitu Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan. Ini di karenakan SMANDALA merupakan salah satu sekolah pemerintah yang ada dikota lahat untuk menuju Kota lahat yang maju. Namun, pada tahun 1984 SMPP 50 berubah nama menjadi SMA Negeri 2 Lahat. SMANDALA telah mengalami pergantian kepemimpinan kepala sekolah sebanyak 7 kali beliau-beliau tersebut adalah


  1. Drs. Abdul Gani
  2. Umar. MBA
  3. yaharni. BA
  4. Drs. T. Darmanto. BA
  5. Drs. Anhar. MM. MBA
  6. Nasir Ahmad, S.Pd
  7. Hj. Azheti Zarni S.Pd
  8. Tri Turnadi, S.Pd
SMPP 50 merupakan sekolah negeri no 2 tertua setelah SMA N 1 Lahat. Siswa-siswa yang bersekolah disana adalah siswa yang cerdas. Hal ini terbukti bahwa mantan kepala SMANDALA yang bernama Nasir Ahmad S.Pd merupakan alumni dari SMPP 50. beliau pernah berceritera bahwa ketika beliau bersekolah di SMPP 50 banyak alumni-alumni nya yang diterima di perguruan tinggi negeri tanpa test yaitu melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Tahun pak Nasir Ahmad merupakan tahun terakhir dari penamaan SMPP 50. setelah mereka tamat Sekolah Persiapan Pembangunan berubah menjadi SMA Negeri 2 lahat hingga saat ini. Siswa-siswa yang bersekolah disana pun hingga kini tidak kalah berkualitas seperti pada waktu nama SMA Negeri 2 Lahat bernama SMPP50. 

Visi SMANDALA adalah
            ” Berkualitas serta Proaktif dengan IPTEK berdasarkan IMTAQ ”
Misi SMANDALA adalah
1.      Berhasil dengan nilai yang tinggi
2.      Memiliki pengetahuan tentang IPTEK, Seni dan Budaya
3.      Dapat menjalankan dan mengamalkan ajaran agama (IMTAQ) dengan baik
4.      Berprestasi dalam Olah Raga dan Seni
Dari visi dan misi tersebut diatas disusunlah tujuan SMANDALA yaitu
v  Peningkatan siswa di PTN (Perguruan Tinggi Negeri)
v  Peningkatan NUN (Nilai Ujian Nasional) dan rata-rata kelas
v  KBM dilaksanakan secara Efektif dan profesional
v  Penagadaan sarana dan prasarana
Sedangkan Sasaran SMANDALA adalah
v  Diterima di PTN 30%
v  Rata-rata nilai pelajaran adalah 75
v  Dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris 70%
v  Bebas baca ”Iqro”
v  Finalis Akademis dan Non Akademis
v  Berhasil UN dan US dengan kualitas yang baik.
Selain memakai seragam Putih_Abu-abu SMANDALA juga memiliki seragam khusus yaitu pakaian muslim yang digunakan pada hari kamis dan jumat dan pakaian pramuka pada hari sabtu. Program ini dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi Smandala yang menjadi agar menjadikan SMANDALA menjadi sekolah yang mengamalkan IMTAQ.
SMA Negeri 2 Lahat telah dan sedang menjalankan program pendidikan sekolah yang berstatus Sekolah Standar Nasional ( SSN ) dan berencana akan menerapkan program pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS).

SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

  1. Berita ini bisa menjadi pedoman, mudah-mudahan tidak ada yg salah tulis. Cuma Nama kepala sekolah yg ke 2 kurang lengkap.

    BalasHapus
  2. thanks pak...mudah-mudahan tidak ada yang salah pak karena data nya saya wawancara sendiri dg guru2 senior SMANDALA,,,nanti di cari tau info yang kurang,,,mungkin bapak bisa kasih masukan lewat coment nya,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memberi Tanpa Pertimbangan